Senin, 12 November 2012

Transformator

Definisi transformator. Trafo atau transformator adalah pengubah tegangan listrik bolak-balik agar diperoleh tegangan yang diinginkan (lebih besar atau lebih kecil). Transformator untuk menaikkan tegangan disebut transformator step up, sedangkan transformator penurun tegangan disebut transformator step down.
Transformator terdiri atas sebuah inti besi yang diberi lilitan primer dan sekunder. Alat ini bekerja berdasarkan induksi elektromagnetik. Apabila terjadi perubahan fluks magnet pada kumparan primer, maka akan diteruskan ke kumparan sekunder dan menghasilkan gaya gerak listrik induksi dan arus induksi. Agar selalu terjadi perubahan fluks magnet, maka arus yang masuk (input) harus arus bolak balik (AC).
Tidak ada transformator yang ideal, sehingga dalam trafo pasti ada kehilangan energy. Hal ini disebabkan oleh adanya pemanasan joule, pemanasan arus pusar, dan kebocoran fluks magnet. Oleh karena itu, untuk memperkecil energy yang hilang, maka transformator dibuat dengan inti besi yang berlapis-lapis dan dilekatkan dengan bahan isolator. Tujuannya adalah untuk mengurangi arus pusaran (arus Eddy).


Tidak ada komentar: