A. Peluang Usaha
1. Pengertian Peluang Usaha
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia peluang artinya kesempatan yang baik jangan disia-siakan. Sedangkan usaha artinya kegiatan di bidang perdagangan dengan maksud untuk mencari untung. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa peluang usaha adalah kesempatan yang baik dalam bidang perdagangan yang memiliki tujuan untuk meraih keuntungan. Peluang dalam bahasa inggris adalah opportunity yang berarti kesempatan yang muncul dari sebuah kejadian atau momen. Jadi peluang berasal dari kesempatan yang muncul dan menjadi ilham (ide) bagi seseorang. Analisis peluang usaha adalah suatu anlisis yng bertujuan untuk mengetahui apakah usaha tersebut dapat dikerjakan, dilaksanakan dan memberikan keuntungan dikeudian hari.
2. Sumber Peluang dan Cara Mengembangkannya
Ide peluang usaha adalah merupakan syarat untuk usaha bisnis yang sukses. Peluang usaha dapat muncul karena adanya usaha, kerja keras dan upaya dari wirausaha untuk mengembangkan, mengidentifikasi, dan mengevaluasi peluang. Peluang dapat muncul dari beragai hal seperti sebuah inspirasi, ide, dan kesempatan yang dimanfaatkan secara tepat dan arif oleh seseorang baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam bidang usaha. Peluang atau kesempatan tersebut dapat berasal dari :
a. Peluang dan diri sendiri.
b. Peluang dari konsumen.
c. Peluang dari gagasan orang lain.
d. Peluang dari informasi.
e. Peluang dari lingkungan.
Untuk menggali dan memanfaatkan peluang usaha, seorang wirausaha harus berfikir positif dan kreatif yaitu dengan cara :
a. Percaya bahwa usaha dapat dilaksanakan.
b. Menerima gagasan baru.
c. Bertanya pada diri sendiri.
d. Mendengarkan saran orang lain.
e. Memiliki etos kerja yang tinggi.
f. Pandai berkomunikasi
Rumusan mencapai sukses menurut
Paul Charlap
a. Minat seseorang.
b. Modal yang dimiliki.
c. Relasi yang dimiliki.
d. Berbagai peluang lainnya
B. Tujuan Dan Manfaat Analisis Peluang Usaha
Tujuan dari analisis peluang usaha adalah untuk mengetahui apakah suatu usaha tersebut layak atau tidak untuk dilaksanakan, serta mengetahui keuntungan dan kerugian usaha tersebut ke depannya.
1. Metode Pendekatan Analisis Peluang Usaha
Peluang usaha baru dapat muncul dari sekitar kita, biasanya dari situasi
yang tidak diduga. Untuk mengembangkan ide atau gagasan tentang peluang usaha
kita harus berfikir secara :
a. Mudah
dalam pemakaian
b. Efisien
dalam penggunaan
c. Kualitas
produk terjamin
d. Hemat
dalam pemakaian
e. Adanya
jaminan keamanan dalam pemakaian.
Pemetaan analisis produk dapat dikelompokkan sebagai
berikut :
a. Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang diguakan untuk mengevaluasi :
1.) Strength, kekuatan apa yang akan mendukung usaha kita untuk mencapai sasaran.
2.) Weakness, kelemahan apa yang membatasi atau menghambat usaha.
3.) Opportunity, peluang usaha apa saja yang menguntungkan dan sesuai dengan kemampuan.
4.) Threat, ancaman apa saja yang terjadi saat memulai usaha, seperti munculnya pesaing.
b. Analisi 5W+H
1.) What, Jenis usaha apa yang akan kita ambil.
2.) Why, Kenapa memilih usaha tersebut.
3.) When, Kapan akan memulai usaha tersebut.
4.) Where, Dimana kita akan memulai usaha.
5.) Who, Siapa yang akan terlibat dalam usahanya.
6.) How, Bagaimana cara membuat/produksinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar