Senin, 04 Desember 2023

ELEMEN GELOMBANG (PANJANG GELOMBANG, AMPLITUDO, FREKUENSI, DAN PERIODE)

 

a.          Panjang Gelombang

Panjang gelombang (λ) adalah jarak antara dua titik pada posisi yang sama yang saling berurutan. Misalnya jarak antara dua puncak gunung atau jarak antara dua lembah. Panjang gelombang diukur dalam satuan meter (m).




 Gambar 5. Panjang Gelombang

             b.  Amplitudo

Amplitudo adalah kekuatan atau daya gelombang sinyal, tinggi gelombang yang bisa dilihat sebagai grafik. Gelombang yang lebih tinggi diinterpretasikan sebagai volume yang lebih tinggi, sehingga dinamakan amplifier untuk perangkat yang menambah amplitudo. Amplitudo juga dapat didefinisikan sebagai jarak/simpangan  terjauh  dari  titik  kesetimbangan  dalam  gelombang  sinusoide. Amplitudo dalam sistem internasional biasa disimbolkan dengan (A) dan memiliki satuan meter (m).

           

 Gambar 6. Amplitudo.

 

c.           Frekuensi

Frekuensi adalah jumlah getaran yang terjadi dalam waktu satu detik. Diukur dalam hertz atau siklus  per detik. Jika  getaran gelombang  suara   semakin  cepat, frekuensi  semakin  tinggi. Frekuensi lebih  tinggi   diinterpretasikan sebagai jalur lebih tinggi. Misal bila menyanyi dalam pita  suara   tinggi  memaksa tali suara untuk   bergetar  secara   cepat.  Frekuensi   biasanya dituliskan dengan symbol ( f) dan dinyatakan dalam satuan Hertz (Hz). Rumus Untuk mencari frekuensi adalah: f = 1/T  (Hz)

 



 Gambar 7. Frekuensi

 

 

d.         Periode


Periode berhubungan erat sekali dengan frekuensi. Periode didefinisikan sebagai waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan 1 buah getaran (gelombang). Satuan periode adalah detik (s), dengan simbol untuk perioda adalah (T). Perioda adalah kebalikan dari frekuensi dan sebaliknya frekuensi adalah kebalikan dari Perioda, atau sering dinyatakan dalam persamaan: T= 1/f (s)

Tidak ada komentar: